Alamat:

1. ) Kantor SKW : Jl. Gawok, No 50 Sebelah Barat Tugu Mayang, Sukoharjo, 2.) Kantor Perwakilan Wilayah: Jl. Pati-Kudus, KM 3,5 Pati

Kontak:

Telpon (0271) 7892950; (0295) 382090 email: ksdajateng.skw1@gmail.com, Portal: skw1surakarta.blogspot.com

Personil:

Kepala Seksi : Johan Setiawan, S. Hut., M. Sc

Sekretariat Surakarta : Minto B, Dyah Arum, Runy Wijayanti, M. Rizal, C. Pujiyem, Suyatni, Bambang Kusumo

Sekretariat Pati : Siti Asiyatun, Deshinta, Fathoni, Ricky

Resort Solo: Joko Triono, Sularno, Wiranto, Amrul,

Resort Karanganyar : Selamet Sukeri, Sumiyarno, Agung BR, Budi, Totok

Resort Semarang : T. Haryono, Sarto, Gunawan, Suyatno, Yatin, Budi, Rimbawanto, Samhudi

Resort Pati Barat : Iwan Santoso, Muali, Budipurwanto, Harsono, Rifan

Resort Pati Timur : Arif S, Imam S, Edi S, Karyatno, Sutris, Heri Gondo, Sri H, Nugroho, Didik, Agus Sudarmono, Karno

Wilayah Kerja:

Wilayah kerja SKW I Surakarta meliputi 19 Kabupaten dan

Kota di Jawa Tengah: Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Sragen, Boyolali, SOlo, Salatiga, Ka. Semarang, Kota Semarang, Kendal, Batang, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, Purwodadi.

Rabu, 29 Oktober 2014

Pengusahaan Pariwsata di TWA Grojogan Sewu Didemo LSM

Demonstrasi di Loket I TWA Grojogan Sewu

TWA Grojogan Sewu merupakan salah satu magnet pariwisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Jumlah kunjungan tempat wisata ini cukup banyak, pada tahun 2013 saja mencapai 400.000 pengunjung.  Sedikitnya sebanyak 1,5 M setiap tahunnya masuk ke kas negara sebagai setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari kawasan TWA Grojogan Sewu. Multiplier effect dari kegiatan wisata di TWA Grojogan Sewu telah menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Ratusan tenaga kerja terserap dengan adanaya pariwisata di TWA Grojogan Sewu: penyewa kuda/turangga karyo, pedagang bunga, fotografer, pedagang sate kelinci, pedagang kelontong, pemandu, penjual souvenir dan banyak lagi.

Demonstran disambut dan diajak dialog oleh Kepala SKW I Surakarta dan Kapolsek Tawangmangu

Pada tahun 2009 Menteri Kehutanan telah memberikan ijin pengusahaan pariwisata pada blok pemanfaatan seluas 20 ha selama 20 tahun kepada PT. Duta Indonesia Djaya. Ijin ini merupakan perpanjanagan yang ketiga kalinya bagi PT. Duta Indonesia Djaya. 

Pada perpanjangan ijin yang ketiga ini ternyata dipermasalahkan oleh Bupati Karanganyar. Bupati Karanganyar menghendaki kawasan konservasi ini dapat dikelola sendiri oleh Dinas Pariwisata Karanganyar dan mengharapkan Menteri Kehutanan mencabut ijin IPPA yang diberikan kepada PT. Duta Indonesia Djaya tahun 2009.

Lima LSM yang tergabung dalam "Rumah Aspirasi Karanganyar" pada tanggal 15 Oktober 2014 melakukan demontrasi di depan loket 1 pintu masuk TWA Grojogan Sewu. Aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk dukungan dari LSM-LSM tersebut kepada Bupati Karanganyar, Yuliatmono, untuk melakukan usaha-usaha nyata agar dapat mengusahakan pariwisata di TWA Grojogan Sewu. 

Aksi unjuk rasa yang dihadiri sekitar 30 orang tersebut berjalan cukup tertib dan cepat. Aksi yang dimulai pukul 09.00 tersebut berlangsung selama  sekitar 1 jam. Pengunjuk rasa ditemui langsung oleh Kepala SKW I Surakarta BKSDA Jateng dan Direktur PT. Duta Indonesia Djaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar